Rabu, 22 April 2009

The Great Arab Conquests “Penaklukan Terbesar dalam Sejarah Islam yang Mengubah Dunia”



the-great-arab-conquests110

Judul Buku : The Great Arab Conquests “Penaklukan Terbesar dalam Sejarah Islam yang Mengubah Dunia”
Penulis : Hugh Kennedy
ISBN : 978-979-3064-66-6
Hal : 504 hal
Ukuran : 15 X 23 cm
Harga : 93.000,-

Belasan tahun setelah Nabi Muhammad SAW wafat, kaum muslimin berhasil menaklukkan pusat-pusat peradaban Timur Dekat kuno: menggulingkan kekaisaran Persia, sebuah kekuasaan regional yang besar; mempercundangi Byzantium menjadi negara “pinggiran”; dan mencabik-cabik wilayah kekaisaran Roma yang amat luas. Dalam masa seratus tahun, pasukan muslim bahkan sukses mengobrak-abrik kekuasaaan Dinasti China Tang di kawasan timur, hingga menekuk Spanyol di wilayah Barat.
Tak hanya di sektor militer, ekpansi Islam juga menguasai mata rantai niaga, budaya, agama dan politik – yang telah berusia ribuan tahun – di kisaran pantai utara dan selatan Mediterania. Dan untuk membangun kedaulatan politik atas dsar keimanan tunggal, yang melenyapkan eksistensi agama pribumi semisal Zoroastriainisme di Persia, Buddhisme di Asia Tengah, dan Hinduisme di banyak wilayah Lembah Hindustan.
The Great Arab Conquests adalah riwayat mengenai ekspansi terbesar islam sepanjang sejarah. Buku ini menuturkan secara gamblang bagimana bangsa Arab Muslim merengkuh kekuasaan secara mudah dan cepat, serta bagimana Islam dengan segera menjadi adama yang dianut masyarakat dan bangsa taklukan. Di tulis berdasarkan riset yang teliti dan sumber rujukan yang terpecaya, buku ini merupakan jejak sejarah yang tak mungkin diabaikan oleh siapapun, khususnya umat Islam.

Tidak ada komentar: