Sabtu, 28 Maret 2009

TEORI PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN

Penerbit : Mirza Media Yogyakarta

Judul Buku: Teori pembelajaran dan Pengajaran

Penulis : Mark K. Smith, dkk

ISBN :978-979-1904040-2-5

Tahun Terbit : Maret, 2009

harga : 35.000,-

Hal : 221 hal

Pendidikan adalah aspoek universal yang selalu dan harus ada dlam kehidupan manusia. Tanpa ada pendidikan, manusia tidak akan pernah mendapatkan kebudayaan; jika tanpa pendidikan, kehidupan manusia tentu akan mengarah kepada kehidupan yang statis, tanpa ada kemajuan, bahkan bisa akan mengalami kemunduran dan kepunahan. Karena itu, menjadi fakta yang tak terbantahkan bahwa pendidikan adalaha sesuatu yang niscaya dalam kehidupan manusia.

Seiring berjalannya waktu dan dengan semakin pesatnya tingkat intelektualitas dan kualitas kehiudpan, dimenasi pendidikan pun menjadi semakin kompleks, dan tentu saja hal itu membutuhkan sebuah desain pendidikan yang juga tepat dan sesuai dengan kondisinya. Karena itulah, berbagai teori, metode, dan desain pembelajaran serta pengajaran pun dibuat dan diciptakan untuk mengapresiasi semakin beragamnya tingkat kebutuhan dan kerumitan permasalahan pendidikan. Dana memaang itulah yang menjadi esensi pendidikan itu sendiri, yakni bagaimana menciptakan sebuah kehidupan itu sendiri, yakni bagaimana menciptakan sebuah kehidupan lebih baik yang menyerap apresiasi dengan tepat dan sesuai.

Dari sekian banyak teori yang dikeluarkan oleh para ilmuan dan teoritikus pendidikan, tentu saja akan terjadi falfifikasi teori yang menuntut kearifan kita untuk menilai dan kemudian mengapilkasikannya. Dari banyaknya teori tersebut, tentu kita tidak usah bingung dengan motode dan model seperti apa yang akan dipakai. Bila ditinjau dari segi sejarahnya, teori-teori tersebut muncul karena ada teori yang sudah ada sebelumnya, atau malah menciptakan teori tandingan yang bersebrangan dengan teori yang sudah ada. Nah, teori-teori tersebut muncul seteah tercipta berbagai permasalahan yang terjadi pada zamannya dimana zaman teori sebelumnya belum muncul. Atau bisa jadi, teori-teori itu muncul setelah melihat ada kekurangan yang harus diperbaiki, sehingga muncul invovasi dan kreatifitas teoritukus untuk menelorkan teori-teori baru. Jadi, kita pun harus arif dmelihat perkembangan teori tersebut, sehingga kita pun harus bisa mengambil; metode mana yang tepat untuk anak-anak didik kita, sesuai dengan kondisi lingkungan yang ada. Karena pada dasarnya, teori-teori tersbut muncul tujuannya hanya satu, yaotu bagaimana menciptkakan metode dan model pendidikan yang tepat bagi anak didik agar bisa menciptkan anak didik yang siap dalam menghadapi tantangan zaman.

Dari sana kemudian, signifikasi buku ini tak terbanthakan. Karena buku ini merekam berbagai teori, model, sifat dan desain pembelajaran dan pengajaran yang ditelorkan oleh berbagai teoritikus pendidikan. Namun, nilai plus pada buku ini adalah pada kekhususannya yang menampilkan teoritikus pendidikan yang juga psikolog. Karena itulah, dalam pendesainan teori dan model pembelajaran dan pengajaran akan mendapatkan sentuhan psikoligis., sehingga aspek mental akan mengejawanthkan dalam buku ini. Jadi, buku ini akan akan menjadi sangat bermanfaat bagi anda, pembelajaran dan juga pengajaran. Satu hal lgi yang menjadi catatan mengenai buku ini adalah bahwa buku ni ditulis oleh beberapa psikolog pendidikan serta mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan menajemen daya ingat emosional dan juga cara memperbaiki daya ingat, sehingga akan menjadi panduan yang sangat berguna bagi para pembelajar dalam mengejar kesuksesan dalam pembelajarannya.

Pada dasarnya, dalam setiap babnya ada daftar bacaannya sendiri-sendiri, namun dalam buku ini dikumpulkan jadi satu pada bagian belakang buku ini, dan juga untuk memberikan kenyamanan bagi pembaca sekalian. Namun demikian, untuk memudahkan penyelusuran, setiap bab akan ada body note sehingga pembaca bisa melihat dengan jelas dari mana saja buku yang dikutip oleh penulis. Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat buat para pembelajar dan pengajar yang ingin mengetahui berbagai teori, model serta desain pembeljaran dan pengajaran.

Dapatkan buku ini di toko-toko buku terdekat anda:
1. Gramedia
2. Gunung Agung
3. Karisma
4. Utama
6. Toga Mas
7. Social Agency
8. dll

Ato Pemesanan langsung hub.
CV. Diandra Primamitra Media
Pusat: JL. Tasura No. 31, Pugeran, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yk
Telp. 0274-871159 (Up. M. Sholikin)
Cabang Jakarta: Jl. Kebon Kelapa Raya No. 08, Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur
Telp. 021-85908215 (Up. M. Zaenal Lutfi) Cabang Surabaya: Jl. Semolowaru Utara 5, No.09, Surabaya 60119, Telp /Fax. 031-5928869 (Up. Koirul)
Ongkos Kirim Tanggung Pemesan.
SMS Online: 081578784085 / 088802844623
(Up. Yusuf)

Tidak ada komentar: