Jumat, 13 Agustus 2010

Merajam Dalil Syariat

Judul Buku: Merajam Dalil Syariat
Penulis: Affan Ramli
Edior: Taufik Al Mubarak
Layout: Pozan Matang, Zulham Yusuf
Desain Sampul: gepe
Penerbit: Bandar Publishing
Kode: Bdr009
Cetakan: Pertama, Juli 2010
Harga: Rp. 34.000,-
ISBN: 978-602-95119-6-3
Ukuran: 14 x 20 cm
Halaman: xx + 140 hlm

APA KATA MEREKA TENTANG BUKU INI:
Buku ini berupaya memproblematikan hal-hal yang selama ini diterima secara taken for granted berkenaan dengan wacana syariah di Aceh. Ia juga menyerukan dengan lantang agar perbedaan tentang syariat disubtansiasi degan muatan intelektual yang lebih kaya dan kritis, serta—lerbih penting lagi—dijauhkan dari jamahn tangan-tangan yang penuh dengan birahi poltik kekuasaan. (Moch Nur Ichwan, Ph.D; Dosen UIN Sunan Kalijogo, Yogyakarta)
Hal utama dari buku Affan Ramli ini, Merajam Dalil Syariat, adalah sebuah ikhtisar membawa perihal penegakan syariat ke ranah akal, dengan tanpa mengabaikan kekuatan otot politik keagamaan yang sedang mengembang sehingga suasana kedamaian sebagaimana makna Islam itu sendiri bisa lebih tercipta karena demikian adanya pergulatan kereligiusan bila kita merujuk pada orang-orang saleh di masa lalu Aceh. (Otto Syamsuddin Ishak; Peneliti Senior Imparsial)
Buku ini menjadi “berbeda” ketika penulisnya memutuskan untuk keluar dari peta palaritas pro dan kontra mengenai positivasi syariat di Aceh. Kemudian buku ini secara cerdas mengajak pembaca untuk menganalisa argumen-argumen yang selama ini digunakan dalam perhelatan diskusi pro dan kontra tersebut. Secara umum isinya mencerahkan, argumentative dan kritis, layak dibaca; dari sudut pandang yang kritis juga, tentu juag!. (Eka Srimulyani, Ph.D; Asisten Direktur Program Pasca Sarjana IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Tidak ada komentar: